SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU
(SMAIT)
AL FITYAH PEKANBARU
Sekolah
Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT)
AL Fityah adalah
bentuk satuan pendidikan menengah atas yang menyelenggarakan program pendidikan tiga
tahun berdasarkan kurikulum nasional yang diperkaya dengan sistem pendekatan
Islami melalui keterpaduan antara Keumuman dan Keislaman, bidang studi yang
satu dengan yang lainnya, aspek kognitif, afektif dan psikomotor, gaya belajar
anak (visual, auditori, dan kinestetik), multiple intelengensi anak, Cara kerja
otak kanan dan otak kiri serta keterpaduan peran antara Sekolah, Orang Tua,
Masyarakat dan Alam semesta sebagai sumber belajar untuk membentuk kader
pemimpin ummat di masa depan.
I. TUJUAN PENDIDIKAN
Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) bertujuan :
A. Memberikan kamampuan dan ketrampilan
peserta didik, berupa pengetahuan, sikap dan kemampuan serta ketrampilan yang
dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat melanjutkan pendidikan ke
jenjang yang lebih tinggi.
B. Mengintegrasikan kemampuan, ketrampilan
dan sikap islami kepada peserta didik agar dapat tumbuh dan berkembang potensi
fitrahnya ke arah terbentuknya insan yang bertaqwa dan menguasai IPTEK.
C. Mendorong peserta didiknya memiliki
integritas keilmuan, semangat berprestasi, berjiwa pemimpin,dan menguasai
teknologi informasi.
II. KARAKTERISTIK
A. Terpadu : Berupaya mengintegrasikan seluruh aspek yang
akan menunjang pencapaian tujuan
pendidikan yang meliputi: Antara Keislaman dan Keumuman, Antara Bidang Studi
satu dengan yang lain, Antara Kognitif, Afektif dan Psikomotor, Antara Peran
Sekolah, Rumah, Masyarakat dan Alam, Antara Otak Kanan dan Otak Kiri, Dan
Antara tiga Gaya Belajar.
B. Belajar Aktif : Sebuah pendekatan yang digunakan dalam
metodologi proses pembelajaran yang
berciri aktif, kreatif, kritis analisis dan mandiri (independent).
C. Berbasis Karakter : Memiliki jati diri muslim, ketrampilan
hidup, menguasai teknologi informasi
dan cita rasa budaya yang tinggi
.
.
III. DIMENSI-DIMENSI KEUNGGULAN SMAIT :
A. Masukan (input) yaitu siswa yang
terseleksi dengan menggunakan kriteria tertentu dan prosedur yang dapat
dipertanggungjawabkan.
B. Menjadikan pesan-pesan Islam sebagai
inspirator dalam semua pembelajaran dan menjadikan nilai dan pesan Alqur’an dan
Assunah sebagai rujukan pertama dan utama
dalam semua bidang pembelajaran.
C. Menjadikan Masjid sebagai pusat kegiatan
ibadah, ukhuwah dan peningkatan ruhiyah siswa, civitas akademika dan masyarakat
sekitar.
D. Sarana dan prasarana yang menunjang untuk
memenuhi kebutuhan belajar siswa serta menyalurkan minat dan bakatnya, baik dalam
kegiatan intra kurikuler maupun ekstra kurikuler.
E. Mengintegrasikan kemampuan leadership dan
life skill secara optimal dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor dalam
kerangka pola pikir dan akhlak islami.
F. Lingkungan sekolah yang kondusif dalam
mengembangkan potensi keterpaduan dan keunggulan
secara fisik maupun sosial-psikologis.
G. Guru dan Tenaga edukasi yang terpilih dan
terlatih baik dari penguasaan materi
pembelajaran, ketrampilan metode mengajar, akhlakul karimah, maupun
komitmen dan disiplin dalam melaksanakan tugas, sehingga akan menciptakan
proses belajar mengajar yang berkualitas yang hasilnya dapat
dipertanggungjawabkan kepada siswa, lembaga dan masyarakat.
H. Kurikuler yang diperkaya, perlu dilakukan
pengembangan dan improvisasi maksimal
sesuai dengan tuntutan belajar siswa yang memiliki kecepatan belajar
serta motivasi yang tinggi dibanding dengan siswa seusianya. Sehingga perlu
dilakukan pengayaan dan atau percepatan kurikulum, dimensi pengayaan dan
percepatan kurikulum meliputi penguasaan terhadap bahasa asing (Inggris dan
Arab), bidang studi inti dan eksakta serta bidang studi keagamaan dan
kepribadian Islami
I. Pelayanan bimbingan dan konseling
J. Pembinaan kemampuan kepemimpinan yang
menyatu dalam keseluruhan sistem
pembinaan siswa dan melalui praktek langsung dalam kehidupan
sehari-hari.
IV. PROGRAM SEKOLAH
A. Waktu Belajar
Agar
keterpaduan seluruh muatan pendidikan dapat tercapai, maka diterapkan fullday
school dengan jam belajar sebagai berikut :
Senin –
Jum’at : Pukul 07.00 –16.00 WIB
dengan
dua kali istirahat.
Sabtu : Ekstra kurikuler
B. Program Pembelajaran Khusus
Pembentukan
Pribadi Sholeh
1. Aqidah
2. Akhlaq
3. Al Qur’an dan Hadis
4. Fiqih
5. Siroh
6. Qiro’ati dan Tahfidzul Qur’an
7. Hafalan Do’a
8. Character Building
9. ISC ( Islamic Study Club )/Mentoring
10. Out Bound
11. Al Fityah Super Camp
12. Muharram Camp
13. Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) dan
Jalsah Ruhiyyah
Peningkatan Akademik
1.
Smart
Learning
-
Super
Memory System
-
Mind
Maping
-
Speed
Reading
2. Study Club
3. Karya Ilmiah Siswa
4. Studi Wisata
5. Trip to campus
Peningkatan Bahasa
1. English and Arabic Day
2. Jurnalistik
3. Pekan bahasa
4. Mading
5. One Blog one Sudent
C. PROGRAM INTRA KURIKULER
1. OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)
2. Rohis (Kerohanian Islam)
3. Pramuka SIT
4. Renang
5. Life Skill
V. PROGRAM EKSTRA KURIKULER
1. PKS (Patroli Keamanan Sekolah)
2. BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia)
3. Komputer (Corel, Photoshop, Macromedia dll)
4. Nasyid
5. Teater
6. Club Sport (Basket, Sepak Bola, Bulu Tangkis, Volley, dll)
7. Club Karya Ilmiah
8.
Robotic
Tidak ada komentar:
Posting Komentar