Senin, 09 Desember 2013

DIMENSI-DIMENSI KEUNGGULAN SMAIT



 DIMENSI-DIMENSI KEUNGGULAN SMAIT :

A.   Masukan (input) yaitu siswa yang terseleksi dengan menggunakan kriteria tertentu dan prosedur yang dapat dipertanggungjawabkan.
B.   Menjadikan pesan-pesan Islam sebagai inspirator dalam semua pembelajaran dan menjadikan nilai dan pesan Alqur’an dan Assunah sebagai rujukan pertama dan utama  dalam semua bidang pembelajaran.
C.   Menjadikan Masjid sebagai pusat kegiatan ibadah, ukhuwah dan peningkatan ruhiyah siswa, civitas akademika dan masyarakat sekitar.
D.   Sarana dan prasarana yang menunjang untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa serta   menyalurkan minat dan bakatnya, baik dalam kegiatan intra kurikuler maupun ekstra kurikuler.
E.    Mengintegrasikan kemampuan leadership dan life skill secara optimal dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor dalam kerangka pola pikir dan akhlak islami.
F.    Lingkungan sekolah yang kondusif dalam mengembangkan potensi keterpaduan dan  keunggulan secara fisik maupun sosial-psikologis.
G.   Guru dan Tenaga edukasi yang terpilih dan terlatih baik dari penguasaan materi pembelajaran, ketrampilan metode mengajar, akhlakul karimah, maupun komitmen dan disiplin dalam melaksanakan tugas, sehingga akan menciptakan proses belajar mengajar yang berkualitas yang hasilnya dapat dipertanggungjawabkan kepada siswa, lembaga dan masyarakat.
H.   Kurikuler yang diperkaya, perlu dilakukan pengembangan dan improvisasi maksimal  sesuai dengan tuntutan belajar siswa yang memiliki kecepatan belajar serta motivasi yang tinggi dibanding dengan siswa seusianya. Sehingga perlu dilakukan pengayaan dan atau percepatan kurikulum, dimensi pengayaan dan percepatan kurikulum meliputi penguasaan terhadap bahasa asing (Inggris dan Arab), bidang studi inti dan eksakta serta bidang studi keagamaan dan kepribadian Islami
I.      Pelayanan bimbingan dan konseling
J.      Pembinaan kemampuan kepemimpinan yang menyatu dalam keseluruhan sistem  pembinaan siswa dan melalui praktek langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar