Jumat, 08 September 2017

Youth Leadership Camp (YLC) SMAIT AL FITYAH

Youth Leadership Camp (YLC) SMAIT AL FITYAH
Bukit Naang, 24-26 Agustus 2017, Membentuk jiwa kepemimpinan akan lebih efektif dimulai sejak masa kecil, khususnya pada masa-masa sekolah. Selaras dengan Visi Misi SMAIT ALFITYAH, maka digagaslah program YLC Youth Leadership Camp bagi siswa, dengan manfaat:
1. Membentuk Skill dan Karakter (Islami, Qurani dan Rabbani)
Leadership atau kepemimpinan akan membangun karakter dan melatih skill seseorang. Semakin cepat dilatih maka semakin banyak dan kuat karakter yang terbentuk serta skill yang dikuasai. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa masa anak-anak adalah masa windows of opportunity. Pada masa ini, daya tangkap mereka sangat tinggi dan otak mereka dapat menyerap banyak hal melalui pengalaman. Sangat berbahaya jika para siswa menyerap hal-hal yang negatif dan tidak membangun. Karena itu, SMAIT AL FITYAH sebagai institusi menyiapkan pengalaman bermanfaat bagi siswa melalui YLC ini.
Titik tekan karakter yang akan dibangun adalah Karakter islami, Qurani dan Rabbani tentu dg kegiatan2 yg mendukung di YLC.
2. Belajar berorganisasi
Organisasi adalah salah satu sarana tepat untuk melatih kepemimpinan. SMAIT ALFITYAH sebagai institusi pendidikan harus mempersiapkan sarana bagi siswa untuk dapat berorganisasi. Dalam dunia kerja nanti, kualitas para siswa sebagai pemimpin akan dilihat dan diuji. Orang akan lebih tertarik dengan pengalaman mereka daripada diri mereka sendiri. Dengan berorganisasi, mereka dapat mempraktikan secara langsung semua skill yang telah dipelajari, khususnya kerjasama tim (teamwork), sehingga mereka siap untuk menjadi pemimpin di masa depan.
3. Membangun kepercayaan diri
Leadership semasa dini melalui YLC akan menumbuhkan rasa percaya diri. Para siswa tidak akan pernah berani memimpin jika tidak pernah memegang tanggung jawab. Karena itu, adanya YLC di sekolah akan melatih keberanian dan kepercayaan diri dalam memimpin. Semakin sering mereka memimpin, maka akan semakin terbiasa untuk memegang kendali. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk menjadi pemimpin handal di masa depan.
Anda akan melihat perbedaan signifikan antara seorang pemimpin yang terlatih dengan yang belum. Pemimpin yang sudah terbiasa memimpin akan lebih percaya diri, dapat menghadapi masalah lebih bijak, dan tampak lebih nyaman bekerja dalam tim.
Bentuk-bentuk acara YLC
Traning Kepemimpinan
Pemimpin yang sukses tidak hanya dilihat dari banyak hal yang dia dilakukan, namun juga dari pemikiran dan karakternya. YLC memperlengkapi pemikiran siswa dengan teori yang aplikatif dan pengalaman. Meskipun praktik merupakan hal penting, namun teori juga berdampak bagi pertumbuhan karakter dan skill siswa di masa depan. Pastikan untuk memilih tema-tema kepemimpinan yang sesuai dengan siswa.
Proyek
Salah satu cara melatih kepemimpinan semasa dini adalah melalui proyek. Proyek yang diberikan dapat berkaitan dengan apa yang dipelajari. Proyek yang terus dilakukan oleh siswa akan membentuk karakter mereka.
Camp
Camp adalah bentuk latihan kepemimpinan yang paling disukai karena dilakukan di luar lingkungan pendidikan. Dalam camp, siswa tidak hanya sekedar latihan, tapi mereka diberi kesempatan untuk mengaplikasikan langsung apa yang telah mereka pelajari. Camp berperan besar dalam membentuk kemampuan memimpin dan teamwork seseorang. Selama camp, melalui berbagai misi serta permainan outbound, Anda dapat mengetahui tipe pemimpin seperti apa siswa Anda dan sejauh mana skill yang telah dikuasai.
Mutabaah Amal Yaumi
Merupakan agenda evaluasi Targetan ibadah selama acara, ini akan mengajarkan kepada siswa sesungguhnya sesibuk apapun kita maka ibadah dan urusan kita kepada Allah harus tetap menjadi yang utama.

Anda telah mengetahui pentingnya YLC bagi para siswa Sekarang, siapkah Anda untuk melahirkan pemimpin-pemimpin besar di masa depan?

Sirajuddin
Ketupel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar